Informatika (informatics)???

Informatika???

Ketika pertama kali Anda mendengar kata ini apa yang terbayang dibenak Anda mungkin mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan informasi. Selain itu, ada juga yang berpandangan bahwa informatika itu segala sesuatu tentang aplikasi(software) komputer. Tetapi, tahukah kita apa sebenarnya pengertian informatika itu secara riil?

Sebenarnya Anda tidak salah jika mengatakan informatika itu berkaitan dengan informasi. Informatika merupakan disiplin ilmu yang memiliki cakupan yang sangat luas. Kita dapat lihat dari pendapat dari sumber-sumber di bawah tentang pengertian informatika itu sendiri.

http://www.ithb.ac.id menyebutkan, “informatika adalah suatu disiplin ilmu yang menangani proses analisis, perancangan dan implementasi software serta pemilihan hardware yang sesuai bagi suatu aplikasi menggunakan prinsip logika dan teknik algoritma, yang secara efisien mentransformasikan problem dunia nyata ke dalam bentuk solusi.” . Dari pengertian ini, kita ketahui bahwa informatika adalah ilmu yang menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan antara software dan hardware dengan teknik-teknik dan algoritma tertentu.

Menurut wikipedia, “Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.” Penjelasan ini menunjukkan bahwa sangatlah luasnya cakupan bidang informatika seperti yang termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Sejalan dengan itu dalam penchenk.blogspot.com dijelaskan juga bahwa, “Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.”. Disini jelaslah bahwa secara umum informatika mempelajari bagaimana mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Apa saja cakupan secara umum dalam informatika: fokus pada informasi dan bagaimana ini dapat direpresentasikan, diproses, dan dikomunikasikan antara berbagai sistem. Representasi termasuk kertas, analog, dan catatan digital teks, suara dan gambar, seperti, misalnya informasi yang digambarkan dalam sebuah gen, dan kenangan dari individu atau sebuah organisasi. Pengolahan meliputi penalaran manusia, komputasi digital, dan organisasi proses. Komunikasi termasuk komunikasi manusia dan manusia antarmuka komputer – dengan pidato dan isyarat tubuh, dengan teks dan diagram, seperti komputer dan jaringan komunikasi, yang dapat menggunakan radio, optik atau sinyal-sinyal listrik. Informatika mempelajari interaksi dari informasi dengan individu dan organisasi, serta dasar-dasar perhitungan dan kemampuan dalam hitungan, dan perangkat keras dan teknologi perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengkomunikasikan informasi digital. Ini mencakup studi komunikasi sebagai suatu proses yang menghubungkan orang-orang bersama-sama, untuk mempengaruhi perilaku individu dan organisasi.

~ by wirshare on 24/02/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: